Testimony "JK"

 

                  Hal-hal tersebutlah yang mendorong kami sebagai orang tua untuk mencari dan bisa mendapatkan informasi yang tepat  menangani  gangguan tumbuh kembang yang di alami  “JK”. Kami browshing di internet dan  akhirnya memilih SMILE KIDS sebagai  tempat yang bisa menangani gangguan tumbuh kembang “JK”  .

                  “JK”  mengikuti assessment yang di adakan oleh SMILE KIDS  yaitu tes  Wicara, Sensori integrasi dan serangkaian tes dari psycholog,  Dari rangkaian tes yang sudah di jalani hasilnya adalah “JK”  di diagnosa mengalami keterlambatan berbicara atau SPEECH DELAY. Kami di sarankan SMILE KIDS  supaya  “JK”  mengikuti terapi dengan komposisi Terapi wicara, Behavior dan sensori integrasi.  Setelah beberapa bulan mengikuti terapi di SMILE KIDS  kami melihat ada kemajuan yang di alami “JK”  yaitu Verbalnya mulai berkembang, Kosa kata maupun perbendaharaan kata yang di ucapkan variatif,  Mulai mampu mengucapkan kalimat sederhana dan mulai ada inisiatif untuk mengawali berkomunikasi dengan orang lain. Karena kami meminta terapi JEKA di lakukan  dalam bahasa inggris maka “JK”  mulai  berkomunikasi  dan  mengucapkan lafal kata, kalimat dalam bahasa inggris. Sebagai penunjang kemampuannya dalam  berbahasa inggris,  kami sebagai orang tua  juga membiasakan di rumah untuk  berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan “JK”  ).

               Perkembangan lain yang kami rasakan adalah untuk bersosialisasi  atau kontak sosial nya juga   mulai mengalami kemajuan yaitu sudah tidak takut lagi dengan orang yang baru di kenalnya bahkan “JK”  seringkali menyapa duluan para terapis  “ Haii…….miss “ lalu memeluk terapis. Perkembangan motorik kasarnya juga lebih baik. “JK”  sudah bisa melompat di trampoline, Keseimbangan tubuhnya lebih stabil,  Body awareness nya juga aktif dan koordinasi kedua kaki juga sudah lebih kuat ketika naik turun tangga dan tidak meminta untuk di gendong lagi.

              Kami sebagai orang tua “JK”  berpesan melalui website ini kalau ada orang tua yang memiliki anak  yang  mengalami gangguan tumbuh kembang anak,  Segera periksakan secepatnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat karena semakin lama gangguan tumbuh kembangnya  ditangani maka akan semakin banyak perkembangan yang tertinggal. Orang tua juga harus lebih aware menyikapi anak yang berkebutuhan khusus melaui attachment dan kesabaran yang lebih supaya anak termotivasi untuk maju.  Orang tua juga harus aktif dan rajin memberikan materi  yang   di butuhkan anak  sebagai stimulus untuk memenuhi tumbuh kembangnya.