Testimony (Ti)

 

Meilihat perkembangan “Ti” yang masih tertinggal dibandingkan teman seusianya maka kami bergerak untuk mendapatkan informasi tentang penanganan yang tepat baginya. Dan kami mendapatkannya dariseorang teman yang mengarahkan untuk konsultasi ke klinik Tumbuh Kembang Anak “Smile Kids”. Bulan Juli 2015 “Ti” melakukan serangkaian tes (Assesment dan Obsevasi perkembangan) dari Smile Kids yaitu tes wicara, sensori integritas yang dilakukan oleh pshikolog. Akhirnya kami mendapat hasil dari pemeriksaan bahwa “Ti” didiagnosa PDD (Perhasive Disorder Development).

Pihak Smile Kids menyarankan kepada kami untuk “Ti” mengikuti terapi ABA (Aplyed Behavior Analyst) yaitu terapi yang berkaitan dengan perilaku dan akademik dasar. Terapi  Sensori  Integritas yaitu untuk meningkatkankemampuan motorik kasar dan motorik halus, dan terapi kelas sosialisasi yaitu untuk mengajarkan anak untuk beradaptasi dengan teman-teman dan aktif berkomunikasi dalam ruang lingkup kelas.

 

Setelah “Ti” mengikuti terapi yang disarankan, kemajuan yang terlihat dan dialami oleh “Ti” adalah:

1.       Mulai  merespon ketika namanya dipanggil oleh orang lain dan walaupun belum konsisten sudah mulai menjawab “Ya”

2.      Adanya kontak sosial dan ekspresif yang ditunjukan (Non Verbal) seperti toss, bersalaman, berpelukan, dan kontak matasudah mulai ada ketika diajak berbicara.

3.     Sudah lebih mandiri seperti belajar di ruangan kelas tanpa didampingi  orang tua.

4.      Mulai  muncul sikap tanggung jawab, contoh, awalnya ketika akan mandi harus dibujuk dahulu, menangis, saat ini dengan dipanggil namanya “Ti”  akan langsung datang ke kamar mandi dan minta melepaskan pakaiannya.

Untuk mencapai kemajuan  “Ti”, banyak suka duka yang harus kami lalui, kami juga mendapat suport yang luar basa dari Psykolog,  para terapis yang memiliki kesabaran dan memberikan semangat untuk mengulang setiap materi yang sudah diajarkan demi kemajuan dan perkembangan “Ti”. Ketika “Ti” belum bisa berbicara kami merasa sedih bahkan kami seperti mau menyerah dengan keadaan. Saat ini kami bersyukur ternyata “Ti” sudah mulai ada kemajuan.

Sebagai orang tua “Ti”, kami menghimbau kepada orang tua yang memiliki masalah maupun kondisi anak yang sama seperti kami alami untuk secepatnya berkonsultasi ke klinik tumbuh kembang  anak sehingga lebih cepat untuk ditangani dan mengetahui hasil diagnosa serta penanganannya dengan tepat.  Untuk kemajuan anak  jangan pernah menyerah maupun putus asa karena pasti  ada solusi untuk menanganinya. Dan jangan pernah berkecil hati ataupun minder jika Tuhan memberikan anak berkebutuhan khusus