4

 

1.Assessment (pemeriksaan lengkap) Perkembangan Anak


Assessment(Pemeriksaan lengkap perkembangan anak) 


Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai kondisi perkembangan seorang anak. Tim pemeriksa akan melakukan wawancara dengan orang tua serta observasi anak dari setiap aspek perkembangannya; seperti motorik kasar, motorik halus, bahasa, kognitif, sosial dan emosinya. Dengan mendapatkan data yang lengkap maka tim pemeriksa dapat memberikan diagnosa dan arahan treatment yang tepat sesuai dengan kebutuhan setiap anak

2. Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

Jenis terapi yang tepat dan berkualitas akan membantu perkembangan anak. SMILE KIDS Parent Child Center menyediakan layanan terapi berupa:

  • ABA  (Applied Behavior Analysis)
    Teknik modifikasi tingkah laku. Terapi ini bertujuan untuk membentuk tingkah laku yang positif dan menghilangkan tingkah laku yang negatif.
  • Terapi Wicara
     Penanganan untuk mengatasi gangguan dalam komunikasi,  seperti permasalahan dalam bahasa, suara dan irama kelancaran.
  • Terapi Sensori
    Integrasi Stimulasi untuk melatih koordinasi proses sensori
  • Terapi OkupasiTerapi
    untuk mengatasi hambatan dalam perkembangan motorik halus.
  • Remedial
    Proses pembelajaran akademik yang disesuaikan dengan kecepatan dan gaya belajar yang tepat bagi setiap anak.

3. Treatment bagi anak yang mengalami masalah emosi

Stimulasi untuk merubah pola pikir anak yang salah/negatif mengenai pandangannya terhadap diri sendiri maupun lingkungannya; sehingga pandangan negatif tersebut dapat berubah menjadi positif. Selain itu, kegiatan ini sebagai relaksasi emosi agar dapat membantu anak dalam mengurangi perilaku negatif seperti agresivitas.

4. Konsultasi Perkembangan Anak

Tim SMILE KIDS Parent Child Center akan membantu para orang tua untuk memberikan informasi yang diperlukan mengenai keluhan-keluhan yang dirasakan orang tua mengenai perkembangan anak.

5. Psikotes Massal di Sekolah

Layanan psikotes massal dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan sekolah. Misalnya tes IQ, tes kepribadian, tes minat, penjurusan sekolah dan tes lainnya.

6. Psikotes Individual

Psikotes dapat juga dilakukan secara individu, antara lain:

  • Tes IQ : Psikotes untuk mengukur inteligensi seseorang.
  • Tes Kepribadian : Tes untuk memberikan gambaran mengenai kepribadian anak, termasuk apakah terdapat konflik-konflik emosi di dalam diri anak.
  • Tes Minat : Tes untuk menelusuri minat yang dimiliki anak sebagai bahan pertimbangan dalam penjurusan sekolah

7. Seminar / pelatihan

Pengadaan seminar yang diberikan sebagai bentuk layanan edukasi terhadap masyarakat mengenai seputar perkembangan dan masalah anak-anak.