1.    Menuang air dari botol ke gelas dengan tidak tumpah

Melalui aktivitas ini, anak dilatih fokus dan koordinasi visual motoriknya. Jika anak dinilai sudah cukup mampu melakukannya, tingkatkan dengan cara menuang air dari botol ke botol dengan tidak tumpah.

 

2.    Memasukkan biji-bijian ke dalam botol aqua/teh botol

Kemampuan pinch anak dapat dilatih dengan cara memungut biji kacang dengan ibu jari dan telunjuk. Hal ini dapat melatih kemampuan motorik halusnya.

 

3.    Menyusun biji-bijian berjajar (setiap baris dapat bervariasi jumlahnya sesuai dengan tingkat konsentrasi anak)

Selain melatih pinch, anak juga dilatih kemampuan visual motorik dan rentang konsentrasinya.

 

4.    Bermain es batu

Biarkan anak memegang es batu untuk melatih taktil anak. Dengan demikian anak akan merasakan sensasi dingin. Permainan ini dapat juga divariasikan dengan membuat es batu tersebut berwarna-warni (saat pembuatan es, air diberikan pewarna makanan yang aman, sehingga setelah menjadi es akan berwarna warni). Sambil memegang es batu tersebut biarkan anak menggeser-geser di lantai/kertas sehingga menghasilkan warna dari setiap es batu tersebut. Melalui kegiatan ini, anak bukan saja terstimulasi taktilnya tetapi juga melatih kemampuan motorik halus dan kognitifnya dalam mengenal macam-macam warna.

 

5.    Membawa air dalam wadah sambil berjalan dan tidak boleh tumpah

Dengan membawa wadah yang cukup berat, otot jari-jari dan tangan akan terlatih. Selain itu anak juga dilatih supaya dapat tetap fokus dan mengkoordinasikan tubuh untuk menjaga agar air tidak tumpah.

 

6.    Berjalan di atas pembatas taman dengan keseimbangan yang baik

Sambil memperkenalkan perbendaharaan kata mengenai benda-benda yang anak lihat di luar rumah, anak dilatih awareness dan kemampuan keseimbangan tubuhnya.

 

7.    Memeras spon yang dicelupkan ke dalam air

Kekuatan jari-jari tangan anak dan kemampuan menggenggam akan terlatih saat anak melakukan aktivitas ini.

 

8.    Bermain tebak benda

Masukan beberapa benda yang telah anak ketahui ke dalam kantong yang tidak transparan. Kemudian mintalah anak meraba benda yang ada di dalam kantong tersebut dan biarkan dia menebak benda apakah yang ia pegang. Melalui kegiatan ini, anak taktil anak akan terstimulasi.la akan merasakan sensasi kasar, halus, tajam dan lainnya.  Selain itu ia juga belajar mengenali ciri-ciri benda serta belajar untuk menggunakan informasi yang telah ia miliki untuk menarik suatu kesimpulan.

 

9.    Bersepeda bersama

Koordinasi sensori anak akan dilatih saat anak melakukan aktivitas ini. Dengan bersepeda, kemampuan visual-motorik, kecepatan respon, koordinasi kaki, koordinasi kedua tangan, awareness dan keseimbangan anak dapat terstimulasi; oleh karena itu kami sangat mendukung kegiatan ini. Terlebih lagi jika dilakukan bersama-sama sehingga kemampuan interaksi social anak juga ikut terlatih.

 

SELAMAT MENCOBA!!!